Sabtu, 13 Februari 2010

Topografi Meridian

1. Tay yin tangan paru
Start: lambung, ke bawah berluo dengan usus besar, naik ke lambung menembus diafragma, ke paru, ke atas, melintang menembus permukaan dada pada titik cung fu, naik ke klavicula, terus menyusuri radial lengan, berjalan di depan meridian jantung dan meridian pericardium, tiba di lipat siku, lalu ke tulang radius sampai di daerah cun keu/daerah nadi, terus ke pergelangan tangan, menyusuri metacarpal (tulang telapak tangan) I dan berakhir di kuku ibu jaris sebelah radial.

2. Yang ming tangan usus besar
Start:ujung telunjuk menyusuri radial jari telunjuk sampai ke pertemuan tulang metacarpal I dan II, ke atas masuk lekukan tendon MM ekstensor polisis longus dan brevis, berjalan pada sisi radial lengan bawah sampai di lateral sudut lipat siku, berjalan lagi menyusuri tepi lateral lengan atas menuju bahu, lalu berjalan ke belakang ketemu dgn meridian yang di titik Ta Cui (XIV.14), kembali ke supraklafikuler menembus ke dalam berhub dgn paru2 (ber luo) dgn paru2 dan menembus diafragma, tiba di usus besar.

3. Yang ming kaki lambung
Start: ujung meridian usus besar ying siang (ii.20), naik ke atas sampai pada pangkal hidung, berhub dg meridian kandung kemih, lalu berjalan sepanjang sisi hidung menembus masuk gusi atas, mengitari bibir, tiba di titik cen siang (xiii.24), kemudian jalan sepanjang mandibula, naik ke atas melalui depan telinga, menyusuri garis batas rambut depan sampai di kening. Dari mandibula, meridian berjalan ke bawah lewat leher, tiba di fossa supraklavikulelr, lalu berjalan menembus ke dalam rongga dada, diafragma dan tiba di lambung, kemudian ber luo dgn limpa. Pada permukaan badan, meridian ini dari fossa supraklavikuler melanjutkan perjalanan mengikuti garis lateral perut II shg tiba pada daerah lipat paha, lalu turuns epanjang bagian latero fraontal dari femur, menyusuri sisi patella berjalan ke tungkai bawah bagian lateral Krista tibiae dan berakhir pada ujung jari kaki II.

4. Tay yin kaki limpa
Start: ujung ibu jari kaki/basis kuku, menyusuri medial ibu jari kaki pada batas perubahan warna kulit kaki, lewat tulang metatarsal 1 naik ke atas ke depan maleiolus medialis, terus menyusuri posterior tulang tibia, tulang femur dan di bagian atas tungkai mnyilang meridian hati, lalu berjalan anterior dari meridian itu tiba di lipat paha terus masuk ke rongga perut berhub dgn limpa, ber luo dgn lambung. Berjalan terus menembus diafragma, kemudian berjalan dalam rongga dada, terus naik ke atas berhub dgn akar lidah, dan berakhir menyebar di bawah lidah.

5. Sao yin tangan jantung
Start: jantung, mengikuti pembuluh darah besar menembus diafragma, berluo dgn usus kecil, cabang lain mengikuti pembuluh darah besar naik menjepit kerongkongan / tenggorokan, terus ke atas berhub dgn mata dan otak. Cabang lain berjalan di atas paru, menembus rongga dada di lipat ketiak, lalu menyusuri tepi ulner lengan (di belakang meridian pericardium) berjalan terus ke jari tangan V, pada sisi radial dan tiba di ujung jari tangan V itu.

6. Tay yang tangan usus kecil
Start: ujung jari tangan V, menyusuri tepi telapak tangan tiba di pergelangan, melingtasi kaput ulnaris, naik menyusuri posterior ulna dan tiba di siku. Terus melewati antara olekranon dan epikondilus humeri tiba di lengan atas. Melingkari bahu berjalan ke belakang melewati scapula terus ke titik Ta Cui (XIV. 14, titik pertemuan dari seluruh meridian yang dalam badan), kemudian kembali ke depan memasuki fossa supraklavikuler menembus rongga dada dan jantung. Kemudian menyusuri saluran makanan (esophagus) menembus diafragma tiba di lambung. Jalan lagi ke bawah sampai usus kecil.

7. Yang kaki kandung kemih
Start: kantus medialis mata. Naik ke kening terus menyusuri permukaan kepala dan ketemu dgn meridian Tu di titik Pai Hui di puncak kepala. Cabang lain: dari puncak kepala menuju temporal kepala. Dari puncak kepala, masuk tengkorak berluo dgn otak. Ke luar kembali pada daerah kuduk, ke bagian medial dari scapula dan lateral tulang belakang. Kedua meridian kand kemih kiri dan kanan berjalan pada daerah punggung bagaikan menjepit tulang punggung sampai pada daerah pinggang. Lalu masuk ke dalam badan berhub dgn ginjal/berluo). Kemudian masuk ke dalam kandung kemih. Cabang meridian dari daerah pinggang melewati daerah bokong turun ke bawah sampai di lipat lutut.

Cabang lain dari daerah kuduk timbul dan jalan sejajar dgn cabang pertama menjepit tulang punggung melewati daerah bokong terus turun ke bawah pada sisi posgtero lateral paha dan bertemu dgn cabang pertama pada region poplitgea.
Setelah ertemuan kedua cabang kemudian berjalan terus kebawah melalui posgterior tungkai bawah di posterior maleolus eksternus terus ke tulang megtatarsal V dan berakhir pada ujung jari kaki V sebelah lateral.

8. Sao yin kaki ginjal
Start: bagian bawah jari kaki V, berjalan ke tulang kuboid dgn arah miring menuju ke tengah telapak kaki luar pada titik ran ku, kemudian ke belakang maleolus ingterusnus, ke atas tungkai bawah ke bagian medial fosa popligtea terus ke posterior medial paha ke tuberkulum dan bertemu dgn meridian tu di titik cang ciang (xiv.1), kemudian masuk ke dalam tulang belakang terus masuk ke dalam badan pada daerah pinggang, berhub dgn ginjal dan berluo dgn kandung kemih. Kemudian dari ginjal, berjalan melewati hati, menembus diafragma, sampai ke paru, menyusuri trakea, tiba di akar lidah.

9. Cie yin tangan pericardium
Start: dada pada pericardium. Ke bawsah menembus diafragma, ber luo dgn Sang, Cung, dan Sia Ciao (ciao atas, tengah dan bawah).
Cabangnya yg sebuah menembus dada 3 cun di bawah lipat ketiak (titik cien cie), lalu kearah ketiak, mengitari ketiak, menyusuri bagian medial lengah dan berjalan antgara meridian paru dan jantung, masuk ke dalam lipat siku, terus ke bawah berjalan diantara dua otot mm palmaris longus dan fleksor karpiradialis. Menuju ke telapak tangan dan berakhir di ujung jari tengah.
Cab yg sebuah lagi dari telapak tangan menuju jari manis berhub dgn meridian sao yang tangan.

10. Sao ying tangan san ciao
Start:ujung jari IV berjalan ke atas menyusuri sisi ulner jari, tiba di atnara tulang metakaparpal IV dan V, terus ke pergelangan. Lalu ke lengan bawah menuju di antara tulang radius dan ulna, terus ke belakang olekranon melewati bag lateral tengah atas sampai pundak.
Melalui titik tien cing dari meridian kand empedu masuk badan via rongga dada, lalu berhub dg pericardium. Tewrus menembus diafragma, menuju organ2 yg punya hub dgn ciao atas tengah dan bawah.

Dari dalam dada timbul cabang ke luar fosa supraklaviculer dan bertemu dgn meridian tu di titik ta cui terus naik kea rah lateral kuduk menuju belakang telinga, terus ke sudut atas tgelinga, dan bertemu lagi dgn meridian kand empedu. Kemudian belok ke bawah dan tiba di daerah zigomatikus. Cabang lain mulai dari belakang telinga keluar pada titik tingkung, naik dan berhub dgn meridian semula, kemudian menuju kantus lateralis mata dan berakhir pada titik ce ce kung (XI. 25)

11. Sao yang kaki kandung empedu
Start: kantus latleralis mata, ke depan telinga terus ke bagian dalam batas rambut sebelah temporal. Membelok ke belakang telinga, lalu ke bagian depan kepala, kemudian kembali lagi ke bagian belakang kepala dan meneruskan perjalanan ke pundak.
Dari pundak terus ke punggung bertemu dgn meridian tu di titik ta cui (XIV.14) lalu ke lateral bertemu dgn kandung kemih dan usus kecil. Kemudian bersilang dgn meridian san ciao dan masuk ke fosa supraklaviculer.

Cab meridian: sebuah cabang keluar dari titik I fung dan masuk ke dalam telinga, keluar mel titik ting kung tiba di kantus lateralis mata.
Cabang lain mulai dari kantus lagteralis mata menuju titik ta ying (iii.5) dari meridian lambung lalu belok naik terus ke titik cia ce (iii.6) bertemu kembali dgn meridian lambung, kemudian terus sepanjang leher, tiba dalam fosa supraklaviculer bersatu dgn meridian semula.
Setelah persatuan, meridian menembus badan masuk rongga dada, menembus diafragma, berluo dgn hati kemudian masuk kand empedu.

Menyusuri bag dalam iga terus ke bawah dan ke luar pada titik cing cung (iii.30) melewati daerah pubis melintang dan sampai pada trokantger mayor femoris.
Cab median yg superficial, berjalan dari fosa supraklaficuler turun ke bawah di depan lipat ketiak, berjalan ke sisi lateral dada terus melewati hipokondrium menuju persendian paha. Kemudian berjalan ke bawah menhyusuri bagian lateral paha tiba di sendi lutut bag lateral. Lalu ke depan fibula, terus ke depan dan terus ke punggung kaki dan berakhir pada ujung kaki IV.

12. Cie yin kaki hati
Start: dari ibu jari kaki. Ke punggung kaki terus ke bagian anterior dari maleolus medialis, naik sampai ke titik san hyin iau dari meridian limpa.
Kemudian melewati tepi medial tibia berjalan ke belakang memotong meridian limpa pada kira2 8 cun di atas maleolus medialis. Berjalan terus sampai pada daerah lubis.
Cabang lain melingkari alat kelamin, bertemu dgn meridian ren pad perut bag bawah, seterusnya ke hipokondrium. Kemudian bersatu dgn meridian kandung empedu di titik cang men (xii.13) dan masuk ke dalam badan berhub dgn hati, lalu ber luo dgn kandung empedu.
Selanjutnya berjalan ke atas menembus diafragma menyebar pada pada daerah hipokondrium,.
Kemudian menyusuri bagian belakang trakea dan esofatus naik ke atas ke laring faring. Terus ke mata, otak serta puncak kepala (ubun2) berhub dgn meridian tu.
Cabang meridian: sebuah cabang dari mata turun ke bawah ke dalam pipi selanjutnya mengitari bibir.

Tag Search: Topografi meredian,topografi,meredian,cabang meredian,akupuntur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar