Jumat, 18 Februari 2011

SULIT BUANG AIR BESAR (SEMBELIT)

GANGGUAN PENCERNAAN SEMBELIT (KONSTIPASI)
Dikutip dari buku Sim Kie Jie, Jilid 1

Buang air besar bagi orang sehat umumnya dilakukan secara teratur setiap hari sekali, dengan tinja berbentuk seperti pisang, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek. Apabila buang air besar tidak dapat dilakukan setiap hari, misalnya dua hari atau lebih , misalnya 3-4 hari bahkan 6-7 hari baru sekali buang air besar, atau sukar buang aur besar, maka gejala tersebut disebut konstipasi. Umumnya para penderita konstipasi kotorannya keras dan kering, namun pada sebagian kotoran yang tidak keras, juga tidak kering, namun karena tubuhnya lemah atau usia lanjut hingga tidak ada tenaga untuk mengeluarkan tinja. Pada umumnya penderita sembelit tidak diserta gejala lain.
Para penderita tertentu, sembelit dapat menyebabkan Fu Qi (Qi dari organ Fu) terhambat, sehingga Qi kotor tidak turun. Hal ini dapat menimbulkan gejala lain, misalnya nyeri kepala, pusing, perut terasa nyeri dan kembung, ulu hati terasa pengap, bersendawa, nafsu makan berkurang, insomnia (susah tidur), gelisah dan lain-lain.
Dalam Nei Jing sudah dikenal bahwa bila fungsi Wei / lambung dan usus besar tidak normal dapat menyebabkan sembelit / konstipasi. Penyebab dan mekanisme terjadinya sembilit (konstipasi) antara lain ialah:
a. Tubuh berlatar kelebihan Yang dan adanya pathogen panas berakumulasi (berkumpul) dalam usus besar.
b. Tujuh macam emosi abnormal
Kekuatiran, kecemasan, stress atau fikiran yang berlebihan menyebabkan Qi tidak lancer, sehingga hal tersebut dapat mengganggu gerakan usus besar, yang dapat menimbulkan sembelit (konstipasi)
c. Kurang gerak
Kurang gerak termasuk banyak duduk dan berbaring dapat menyebabkan Qi Xie tidak lancer , sehingga gerakan usus besar menjadi lamban, pada gilirannya dapat menyebabkan sembelit.
d. Qi Xue/ darah Yin Jin (cairan) terkuras / kurang
e. Tubuh lemah bersifat Yang Xu (berkurang Yang)
Sembelit pada dasarnya dapat diidentifikasi sebagai berikut:
a. Syndroma Han Mi (sembelit ) bersifat dingin
1) Gejala dan tanda
Susah buang air besar, keluarnya tinja tidak lancer, muka pucat, perut terasa sakit dan dingin, anggota badan terasa dingin, pinggang dan lutut terasa ngilu dan dingin, air seni bening dan banyak, lidah tampak pucat, selaput lidah putih dan tipis, nadi Chen/ tenggelam dan Chi/ lamban.

2) Analisis
Yang dalam tubuh lemah, menyebabkan dingin timbul dari dalam , hingga menyebabkan usus besar membeku dan tidak mertenaga untuk mentransfer tinja.Yang lemah tidak dpat memanasi tubuh, maka anggota badan dingin, pinggang dan lutut terasa ngilu dan dingin disertai air seni bening dan banyak , maka pucat, lidah pucat, selaput lidah putih tipis. Nadi Chen / tenggelam dan Chi/ lamban merupakan pertanda Yang lemah dan pathogen dingin merajalela dalam tubuh.

3) Prinsip pengobatan
Mengeuatkan Shen/ ginjal dan menambah Yang , melancarkan Qi dalam usus besar dan menghilangkan pembekuan.

4) Titik akupuntur
Titik Ming Men, Zu San Li, Guan Yuan , Shui Dao, Gui Lai, Qi Hai, Shen Que, dan Tai Xi.

Label :
Konstipasi, sembelit, akupuntur, ginjal, usus, klinik akupuntur.

Kunjungi pula

Klinik An-Nur
Menangani berbagai masalah kesehatan dengan terapi akupuntur dan terapi holistik lainnya.
Dengan alamat :
Jl. Syafiul Ihwan No 9 Rt. 07/ 02 Jaticempaka Pondok Gede Bekasi 17411
Telp 085715723377 (Buat perjanjian)


















LUMPUH OTOT WAJAH (MIANTAN)

Miantan adalah kelumpuhan ototo wajah. Penyakit ini dapat terjadi pada semua usia, namun paling sering terjadi pada usia 20-40 tahun dan dapat terjadi pada wajah kiri atau kanan bahkan pada kedua sisi. Penyakit ini sering terjadi secara mendadak, gejala utamanya antara lain ialah salah satu sisi wajah tidak dapat mengekspresikan emosi, dahi tidak dapat dikerutkan, ketika memejamkan mata kelopak mata tidak dapat menutup secara sempurna, mulut mencong ke sisi wajah yang sehat, ketika menjulurkan lidah, lidah miring kesisi yang sehat, air liur keluar dari mulut yang kena penyakit, demikian juga bila berkumur, air keluar dari sudut tersebut, makanan tertinggal pada sisi mulut yang terserang penyakit. Dalam klinik, penyakit tersebut dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu Xu (si) dan Shi (se).

a. Serangan pathogen angin dari luar
1) Gejala dan tanda
Penyakit yang terjadi mendadak sering timbul ketika bangun tidur, wajah terasa kebas dan kaku, diserta nyeri kepala pada sisi yang terserang, terutama pada daerah parietal dan temporal, wajah tidak dapat digerakan secara voluntary, kelompak mata tidak dapat dipejamkan secara sempurna, wajah mencong ke sisi yang sehat, keluar air mata, lidah pucat, selaput lidah putih, nadi Fu/ mengambang dan Jin/kencang.
2) Analisis
Meridian Tai Yang menguasai area Biao / permukaan, merupakan daerah pertahanan tubuh, tubuh terserang pathogen angin dingin dari luar, yang pertama kena dampaknya adalah meridian Tai Yang, maka timbul nyeri kepala,pada wajah tersebar Luo . meridian Yang Ming dan Shao Yang , serangan pathogen angin dingin menyebabkan aliran Qi pada meridian tersebut terganggu, hingga Jing Jin / otot penggerak tidak mendapat cukup nutrisi, maka wajah tidak dapat digerakan secara voluntary.
3) Prinsip pengobatan
Mengusir pathogen dingin, menghidupkan kembali Luo/ meridian dan meluruskan wajah.
4) Titik akupuntur
Feng Chi
Feng Men
Da Shu
Yi Feng
Yang Bai tembus ke Yu Yoa
Tai Yang
Ying Xiang
Zhan Zhu
Cheng Jiang
Quan Liao
b. Pathogen panas bertambat pada Luo/ meridian
1) Gejala dan tanda
Diawali dengan nyeri belakang telinga dan temporal, tampak bintik-bintik merah (herpes) , tinitis, penderita merasa gelisah dan mudah marah, kemudian timbul gejala satu sisi wajah lumpuh, kelopak mata tidak dapat menutup dengan sempurna, bila mata masih tampak walaupun mata dipejamkan, keluar air mata, muka mencong ke sisi yang sehat, mulut merasa apahit dan kesat, lidah miring dan tampak merah, selaput lidah kuning, nadi Hua/ lican dan Shuo/ cepat.
2) Analisis
Salah satu cabang meridian Shao Yang berjalan dari belakang telinga masuk kedalam telinga, apabila pathogen panas mernyerang meridian Shao Yang, hingga aliran Qi dalam meridian tersebut terhambat, maka hal tersebut akan menyebabkan timbulnya nyeri didalam telinga , tinnitus, disertai bintik-bintik merah (herpes). Adanya pathogen panas pada meridian Shao Yang , menyebabkan Shen / jiwa tidak tenang, maka penderita menjadi gelisah.
3) Prinsip pengobatan
Mengeluarkan pathogen panas, mengeluarkan racun, menghidupkan xue/ darah danmelancarkan Luo/ meridian
4) Titik Akupuntur
Dai Zhui
He gu
Gu ci
Wai Guan
Yi feng
Si Bai
Zhan Zhu
Tai yang
Xia guan
Quan Liao
Ju Liao
Ying Xiang
Di Xhang

c. Pathogen panas dan kering menguras Yin
1) Gejala dan tanda
Miantan/ lumpuh wajah tidak sembuh dalam jangka waktu lama, kemudian otot muka menjadi atropi (mengerut), kaku dan kejang, disertai gelisahm palpitasi , insomnia, lidah merah, selaput lidah tipis, nadi Xian/ tegang dan Xi / halus.
2) Analisis
Apabila Miantan/ lumpuh otot wajah tidak dapat sembuh dalam jangka waktu lama, kemudian timbul pathogen panas yang menguras Yin, hingga yin dan Xue/darah menjadi kurang, hal tersebut menyebabkan angin bersifat Xu (si) bergerak dari dalam , maka otot wajah menjadi atropi, kaku dan kejang-kejang, Ying kurang menyebabkan api bersifat Xu berkobar, hingga Shen / jiwa terganggu, maka timbul gelisah, palpitasi, insomnia. Lidah merah, selaput lidah tipis, nadi Xian /tegang dan Xi / halus adalah pertanda dari Yin kurang dan api bersifat Xu berkobar didalam tubuh.

3) Prinsip pengobatan
Memupuk Yin untuk memberikan kelembapan pada yang kering melenturkan Jing / otot dan melancarkan Luo / meridian .
4) Titik Akupuntur
Yang Bai
Si Bai
Quan Liao
Tai Yang
Xia Guan
Di Chang
Xia Che
Hou Xi
Tai Xi
San Yin Jiao

Menurut riset dan pengalaman menangani berbagai pasien, pengobatan kelumpuhan wajah ini menghasilkan efek yang cepat dan baik. Proses penyembuhannya lebih cepat dan lebih sempurna daripada penggunaan obat kimia.
Dapatkan terapi ini pada

Klinik An-Nur.

Dengan alamat :
Jl. Syafiul Ihwan No 9 Rt. 07/ 02 Jaticempaka Pondok Gede Bekasi 17411
Telp 085715723377 (Buat perjanjian)



Label : terapi lumpuh wajah, stroke, pengobatan herbal stroke, akupuntur stroke, terapi wajah kebas dan kaku.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar