Jumat, 18 Februari 2011

ATASI REMATIK DENGAN AKUPUNTUR

REMATIK (SYNDROMA BI)

Rematik (bi) mempunyai arti tersumbat atau tidak lancer. Gejala Bi/ rematik antara lain otot, tendon, sendi terasa linu, kebas, berat, merah dan nyeri (inflamasi). Penyebab bi (rematik) antara lain pathogen bersifat angin, dingin, lembab dan panas menyerang tubuh, hingga menghambat aliran Qi dan Xue/ darah menjadi tidak lancar. Sedangkan factor lain dalam ialah Zheng Qi/ kekuatan tubuh lemah, hingga tidak dapat menahan serangan pathogen dari luar. Gejala klinik ditentukan pathogen yang menyerang tubuh dan Zheng Qi/ kekuatan tubuh. Misalkan pathogen angin umumnya menimbulkan Xing Bi/ rematik berpindah-pindah, dengan cirri nyerinya berpindah-pindah ; sedangkan pathogen dingin menimbulkan Han Bi, yaitu Bi/ rematik bersifat dingin dan nyerinya menetap pada satu lokasi saja; sedangkan Bi/ rematik yang disebabkan pathogen lembap cirinya ialah nyerinya parah disertai perasaan berat dan kebas, nyerinya menetap pada satu tempat, kadang-kadang. Karena itu dalam klinik perlu diperhatikan penyebab dari timbulnya Bi/ rematik ini, hingga pengobatannya lebih terarah, dan menghasilkan efek terapi lebih baik. Dalam kedokteran barat, penyakit yang tergolong kedalam Bi/ rematik antara lain ialah rematik arthritis, gout, radiculitis dan lain-lain.
Penyebab dan Mekanisme terjadinya Penyakit
a. Perubahan cuaca yang drastic dari panas ke dingin, menyebabkan orang yang lama bermukim di tempat lembap, atau bekerja dalam air terserang pathogen bersifat angin, lembap dan dingin. Lokasi yang paling sering terserang pathogen adalah Jing Luo/ meridian, otot dan sendi, dan hal tersebut menyebabkan Qi dan Xue darah terhambat, hingga terjadi Bi/ rematik.
b. Tubuh lembab, apabila terserang pathogen panas, terserang pathogen lembab, menimbulkan Bi/ rematik bersifat lembap panas. Bi/ rematik bersifat lembab panas juga dapat terjado akibat terlalu lama menderita Bi/ rematik bersifat angin, dingin dan lembab.
c. Bi/ rematik yang bersifat angin lembab dan dingin, atau lembap panas, apabila tidak dapat disebumbuhakn dalam jangka waktu lama, maka hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam pathogen antara lain Tan/ Dahak dan darah statis dari dalam tubuh, kemudian hal tersebut juga menyebabkan terkurasnya Qi, Xue/darah dan Jing, hingga berbagai berbagai organ dalam terutama Shen/ ginjal dan Pi/ limpa menjadi lemah. Bi/ pegel linu yang menetap didalam tubuh bersifat Xue/ lemah susah disembuhkan secara tuntas karena otot,sendi dan tulang lainnya telah berubah dan disebut dengan bi/ rematik yang metetap. Pada mulanya penyakit ini berada pada otot, tendo, atau luo/ meridian, kemudian baru menyerang sendi dan tulang terakhir mungkin menyerang lima Zang.

Prinsip Pengobatan :
Mengusir pathogen angin, dingin , dan lembap, serta melancarkan luo/ meridian.

Titik Akupuntur:
• Feng men
• Feng Chi
• Ge shu
• Xue Hai
• Qu Chi (Chi che)
• He gu
• Tai Cong

Cara akupuntur :
Feng Chi, Ge Shu dan Feng Men diarahkan ke tulang spinal, tusuk sedalam 1-1,5 cun beri stimulasi bersifat Xie/ sedative, Xue Hai, Qu Chi, He Gu dan Tai Chong tusuk tegak lurus , beri stimulasi bersifat sedative.

Alasan penggunaan titik-titik:
Feng men dan Feng Chi digunakan untuk menghalau pathogen angin pada are permukaan; ge shu adalah titik dominan untuk xue/ darah, sedangkan xue hai adalah titik pada meridian Pi/ limpa dan merupakan titik konsentrasi Xue/ darah, pengkombinasian kedua titik tersebut dapat menghidupkan dan melancarkan xue/darah, dengan lancarnya xue/ darah, pathogen angin dengan mudah dapat terhalau oleh tubuh; Qu Chi dan He GU digunakan untuk menghalau pathogen angin; Tai Chong digunakan untuk melancarkan Qi, maka Xue darah juga menjadi lancar, hingga membantu menghalau pathogen angin.

Klinik An-Nur
(Klinik Sehat Untuk Wanita)
Menangani berbagai masalah kesehatan dengan terapi akupuntur , akupresur, totok wajah, bekam dan lain-lainnya, seperti :
Kesehatan : Kelumpuhan wajah sebelah, stroke, kolesterol dan trigliserida tinggi, rematik dan asam urat, migrain, vertigo, diabetes, dll.
Kecantikan : Kerutan wajah, antiaging, muka kusam,pembuka aura sehat dan cantik, pelangsingan,facial wajah , dll.


Dengan alamat :
Jl. Syafiul Ihwan No 9 Rt. 07/ 02 Jaticempaka Pondok Gede Bekasi 17411
Telp 081399447574
(Kedatangan dengan perjanjian terlebih dahulu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar