Rabu, 22 Desember 2010

10 Gejala Kanker Yang Wajib Diketahui Wanita

Posted on February 7, 2010 sumber  http/Dr.arief.com



Tubuh pria dan wanita diciptakan berbeda. Tubuh wanita memiliki kompleksitas yang lebih dibandingkan tubuh pria. Bukan hanya dari postur luarnya, tapi juga bagian dalam dan sistem kerjanya. Wanita memiliki siklus hormonal periodik yang lebih rumit dibandingkan dengan pria.
Masih terkait dengan wanita, ini dia 10 macam gejala kanker yang paling sering terjadi…

  1. Nyeri Panggul
    Ditandai oleh rasa sakit atau tekanan di bawah pusar. Nyerinya terjadi terus-menerus dan tidak terbatas pada sebelum mens saja. Kanker yang biasa berhubungan dengan nyeri panggul adalah kanker endometrium, kanker indung telur, kanker rahim, kanker tuba fallopi dan kanker vagina.
  2. Perut Terasa Membesar dan Kembung
    Umumnya terjadi pada kanker ovarium. Ini juga merupakan gejala yang paling sering diabaikan, karena sering dianggap sebagai sakit maag biasa.  Bedanya dengan sakit maag biasa, sering kali pada kembung yang terjadi pada kanker sering kali sangat parah sampai-sampai yang bersangkutan tidak dapat mengancingkan celana mereka, atau bahkan harus memperbesar ukuran celana mereka.
  3. Nyeri Punggung Bawah yang Menetap
    Nyerinya terjadi pada punggung bagian bawah, dan sensasinya tumpul. Banyak wanita yang menggambarkannya dengan ekspresi “mirip seperti sakitnya melahirkan”. Biasanya menyertai kanker rahim.
  4. Pendarahan Vagina Abnormal
    Ini adalah tanda yang paling umum pada jenis-jenis keganasan ginekologis. Tandanya antara lain adalah perdarahan mens yang luar biasa banyak, perdarahan di antara siklus mens, serta perdarahan pada saat – dan setelah – melakukan hubungan sex. Tanda ini biasa terhubung dengan kanker leher rahim, kanker rahim, dan kanker indung telur.
  5. Demam Berkepanjangan
    Demam yang tidak kunjung turun (atau naik-turun) dalam 7 hari atau lebih harus dilaporkan ke dokter. Meskipun banyak penyakit -khususnya infeksi- yang menimbulkan demam, juga merupakan salah satu tanda adanya kanker.
  6. Nggak Enak Perut atau Perubahan Pola Buang Air Besar
    Ada baiknya untuk memeriksakan kesehatan Anda ke dokter, segera setelah Anda mengalami perubahan pola BAB, sembelit, diare, sering buang angin, atau bahkan ada darah pada feses. Selain tanda dari kanker usus besar, tanda ini juga merupakan gejala adanya kanker ginekologis.
  7. Penurunan Berat Badan Yang Tidak Wajar
    Turun berat badan ? Keren kali ye… eit, tunggu dulu! Penurunan hingga 5 kg atau lebih TANPA DISENGAJA adalah suatu hal aneh dan tidak lazim. Hampir seluruh kanker jenis manapun memiliki tanda yang satu ini. Meskipun wanita secara normal memiliki fluktuasi naik-turun berat badan secara periodik, penurunan hingga 5 kg atau lebih wajib diperiksakan ke dokter.
  8. Kelainan pada vulva dan vagina
    Anda mesti waspada ketika terjadi kelainan vulva dan vagina ketika terdapat luka, nyeri, perubahan warna, atau keluarnya cairan. Daerah ini sebaiknya diperiksa secara berkala ke dokter Anda.
  9. Perubahan pada Payudara
    Bagian ini paling mudah diperiksa sendiri. Apa yang dicari ? Setiap perubahan abnormal dan tidak bilateral (terjadi pada kedua payudara) adalah hal yang harus dicurigai (diperiksakan ke dokter). Contohnya : benjolan, rasa nyeri, keluar cairan dari puting susu (dalam keadaan tidak menyusui tentunya), perubahan bentuk puting (tertarik ke salah satu sisi, permukaan menjadi kasar, dll).
  10. Kelelahan Tanpa Alasan
    Setiap penderita kanker akan mengeluhkan kelelahan / kelemahan tubuh tanpa alasan yang jelas. Maksudnya adalah tidak ada aktivitas fisik maupun psikis (stress, problem berat, depresi termasuk di sini) bermakna yang mendahului timbulnya kelelahan tersebut. Kelemahan ini lebih sering terjadi pada kanker stadium lanjut; namun kadang-kadang juga timbul pada stadium dini. Kesimpulannya, bila Anda mengalami kelalahan tanpa sebab yang jelas, ada baiknya Anda periksakan ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar